03/12/09

Agar Senantiasa Menjaga Silahturahmi

JAKARTA 03/12/2009. NABI Muhammad SAW mengatakan “Maukah kalian aku tunjukkan akhlak yang paling mulia di dunia dan diakhirat ? Memberi maaf orang yang mendzalimimu, memberi orang yang menghalangimu dan menyambung silaturrahim orang yang memutuskanmu” (HR. Baihaqi).

Hadits di atas menunjukkan begitu pentingnya menjaga hubungan silaturahmi, hal tersebut juga dilakukan oleh Ikatan Keluarga Besar Hadisoro, walapun pendiri-pendirinya kini banyak sudah meninggal, paguyuban ini masih ada dan diteruskan oleh anak-anak dan cucu-cucunya.

Ikatan Keluarga Besar Hadisoro, adalah paguyuban yang terdiri dari putra, cucu dan cicit eyang Soro. Berkedudukan tersebar dimana saja berada, Sumatera, Jawa dan Bali dll.

Maksud dan tujuan adanya paguyuban ini adalah untuk menjaga tali silturahmi antar keluarga IKBH. Bagi kita sudah bisa berkumpul saja sudah sangat senang sekali, karena memang masing-masing di antara kita sangat sibuk.

Ikatan Keluarga Besar Hadisoro, Jakarta, ini telah membentuk struktur organisasi, dan saat ini ketuanya dipegang oleh saya sendiri (Rudi Winarto) Agustus 2009 lalu setelah bapak Hadi Kusbianto.

Demi menjaga tali silturahmi, paguyuban ini juga membuat acara pertemuan berkala pertiga bulan bagi para anggota-anggotanya. Kita berharap dengan adanya pertemuan berkala ini, bisa saling bertemu dan bertukar informasi mengenai kedaan keluarga paguyuban ini.

Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti ikatan ini berdiri tahun berapa, karena kita semua yang ada di sini adalah generasi ke-3, 4 dan 5 dst.

Saya sendiri bergabung ke dalam paguyuban ini sejak dekade 80-an. “Orangtua saya berpesan agar selalu menjaga silaturahmi paguyuban ini". Harapan saya jika ada yang sudi membantu saya ingin menulis sebuah buku sejarah tentang 'Sejarah Eyang Soro dimata putra, cucu dan cicitnya'. (rw'09)

Tidak ada komentar:

Selamatan Kol kirim doa untuk arwah almarhum Hary Setiawan

Suasana dzikir, tahlil dan doa bersama tengah berlangsung.   Kol (kol-kolan) adalah selamatan untuk memperingati hari kematian seseorang. Di...